Minggu, 02 Juni 2013

OBJEK WISATA AIR TERJUN TANAH MERAH



Teman-teman yang sedang bingung menentukan objek Wisata pada saat liburan, ataupun mencari tempat sekedar untuk jalan-jalan sebagai penyegar fikiran setelah berhari-hari disibukkan oleh pekerjaan. Jangan pusing lagi ! karena, diwilayah kota Samarinda Utara tepatnya di Dusun Purwosari Jl.Poros  Kelurahan Tanah Merah, terdapat objek Wisata yang cocok bagi yang ingin menghabiskan waktu barsama orang-orang terkasih. Tempat ini sangat cocok sebagai objek Wisata keluarga. Wisata Air Terjun Tanah Merah merupakan objek Wisata unggulan diwilayah kota Samarinda, kalimantan Timur. Kerena selain suasananya yang nyaman, tempat ini memiliki udara yang masih sangat alami. Dikawasan Air Terjun Tanah Merah banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang, sehingga apabila kita berada disana kesejukan alam mampu kita rasakan. 



Fasilitas yang tersedia antara lain: Areal parkir kendaraan yang luas, warung pendopo (gazebo) untuk istirahat, warung makan (kantin), WC Umum dan kamar mandi, Musholla, tempat duduk atau bangku taman, arena bermain anak, kolam renang anak, dan areal permainan Ourbond. 



 
















 


 

























Dari Pusat Kota Samarinda, lokasi Air Terjun Tanah Merah memiliki jarak tempuh lebih kurang 15 km. Untuk menuju ke lokasi ini, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum, menggunakan trayek dari Pasar Segiri ke Sungai Siring, kemudian berhenti disimpang tiga menuju Air terjun Tanah Merah.


 










Air terjun Tanah Merah memiliki  ketinggian sekitar 15 meter.  Air yang putih mengalir dibalik batuan besar dan begitu air jatuh ke telaga di bawahnya terlihat warna sebenarnya yang tak bening.  Warna butek ini dikarenakan komposisi tanah yang notabene gambut diatas lahan hutan bercampur dengan air yang menyebabkan air menjadi keruh. Apabila kita berada dilokasi Air Terjun Tanah Merah, jangan kawatir berjalan menelusuri tempat tersebut. Sebab dilokasi ini dibangun jalan-jalan batu dan semen, sehingga kita tidak akan mudah terpeleset. Menghabiskan waktu di objek Wisata Air Terjun Tanah Merah ini, satu hari terasa begitu cepat. Karena selain kesejukan alam yang dirasakan, tempat tersebut mampu menjadi sarana mempererat hubungan keluarga. Sudah menjadi pemandangan umum, dilokasi tersebut banyak yang menghamparkan karpet sebagai alas tempat duduk dan bersama-sama menyantap hidangan makanan yang sengaja sudah disiapkan dari rumah. Karena Objek Wisata ini sangat cocok sebagai pilihan piknik bersama keluarga. Namun, apabila kita tidak sempat menyiapkan perbekalan makanan untuk berwisata, jangan kawatir ! karena dilokasi tersebut terdapat warung makan (kantin) yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang tidak kalah enaknya. Harganya pun terjangkau murah.
 

Diatas adalah gambar Pasar Segiri kota Samarinda yang terletak di Jl.Dr.Sutomo. Apabila kita akan menuju ke lokasi objek Wisata Air Terjun Tanah Merah menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dari kawasan Pasar Segiri tersebut kita melewati  Jl.Pahlawan. Dari sana, apabila kita terus mengikuti alur jalan tersebut kita akan menemukan lampu merah yang terdapat simpang empat didepannya. Disana, kita akan melihat Mall Lembuswana yang berada disebrang jalan sebelah kanan.

  

Dari lampu merah, kita jalan lurus melewati Jl.M.Yamin. Kita ikuti alur jalan tersebut hingga kita kembali menemukan lampu merah. Pada lampu merah tersebut terdapat simpang empat. Apabila kita berjalan lurus, kita akan memasuki kawasan Sempaja. Apabila kita belok ke kiri, kita akan memasuki kawasan Air Hitam yaitu Jl.Wahab Syahrani. Apabila kita belok ke kanan, kita akan memasuki Jl.PM.Nur. Dikawasan Jl.PM.Nur inilah kita meneruskan perjalanan menuju Air Terjun Tanah Merah. Setelah mengikuti alur jalan tersebut kita akan kembali menemukan lampu merah yang terdapat simpang tiga didepannya. Kita belok ke kanan dan melalui Jl.Jendral Panjaitan. Dalam melewati alur jalan tersebut  kita akan melihat berbagai tempat, diantaranya: Citra Land City, dan Katolik Center. Setelah terus berjalan mengikuti alur tersebut, kita akan menemukan petunjuk arah menuju Kawasan Air Terjun Tanah Merah. Petunjuk arah tersebut mengarah kesebelah kanan jalan, yaitu di Jl. Kebon Agung. Apabila kita mengikuti alur jalan tersebut kita akan menemukan berbagai tempat, diantaranya Talang sari Regency, Kebun Raya Samarinda, Bukit pusat pemberdayaan kelapa, SMP Negeri 12, SMK Negeri 10, dan SMK Negeri 18. Apabila kita merasa seperti berada di wilayah pedesaan, maka lokasi Air Terjun Tanah Merah sudah dekat. Setelah melewati tempat-tempat tersebut, kita tengok kesebelah kanan jalan, carilah Gapura bertulisakan “SELAMAT DATANG DI OBJEK WISATA TANAH MERAH KOTA SAMARINDA” . Seperti gambar dibawah ini.



Di Jl.Citan Dui inilah kita meneruskan perjalanan. Disana kita akan melewati gang-gang kecil yang tedapat banyak rumah-rumah penduduk.  Jalan menuju kelokasi tersebut hingga saat ini memang masih sulit karena masih jalan tanah yang belum diaspal. Tetapi kesulit tersebut ada ketika musim hujan karena jalanannya akan becek. Sebelum sampai di lokasi, kita akan melewati perkebunan penduduk, sawah, hutan, rawa-rawa dan Taman Wisata Relax. Tak jauh dari tempat itu kita akan menemukan Pintu Utama memasuki kawasan Air Terjun Tanah Merah.
 

Di pintu Utama inilah kita membayar Tiket Masuk. Tiket masuk dewasa Rp 5.000, anak-anak Rp 3.000, sedangkan parkir sepeda motor Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000.


Sekian…
Semoga Bermanfaat !

 

1 komentar:

my

Source: Widget Kupu-Kupu Terbang | All Zone™ http://ipopxindonesia.blogspot.com/2011/10/widget-kupu-kupu-terbang.html#ixzz2T3loaUgH

MY

Source: Widget Kupu-Kupu Terbang | All Zone™ http://ipopxindonesia.blogspot.com/2011/10/widget-kupu-kupu-terbang.html#ixzz2T3loaUgH